ShoutMix chat widget

Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini
Artikel Terbaru

Thursday, November 7, 2013

Manfaat Makan Tanpa Sendok dan Garpu


Sumber : m.infospesial.net
Beberapa waktu yang lalu ketika saya dan teman saya mengikuti acara syukuran di salah satu tetangga ternyata ada yang menjadi pusat perhatian, yaitu di antara teman-teman yang menikmati hidangan dengan sendok dan garpu ternyata salah satu teman saya tersebut malah tanpa menggunakan sendok dan garpu, sehingga di antara kami ada yang memandang aneh namun ada pula yang menganggap biasa saja karena memang sudah menjadi kebiasaan di kampung.
Selain dalam acara syukuran tersebut, dalam acara yang berbeda sekelompo jamaah tabligh melakukan acara makan bersama tanpa menggunakan sendok dan mereka menjilati tangannya hingga bersih. Memang awalnya terkesan jijik karena kebiasaan sekarang kita makan selalu menggunakan sendok dan garpu tapi lain halnya dengan jamaah ini.
Ketika saya tanya ternyata jawaban mereka mengikuti tuntunan Rasulullah SAW, karena Rasul makan tidak memakai sendok makan akan tetapi cukup menggunakan tangan.
Ada beberapa orang mengganggap makan dengan tangan adalah sudah menjadi kebiasaan karena mereka merasa lebih lahap dan nikmat manakala cukup menggunakan tangan, namun ada pula yang beranggapan bahwa menggunakan tangan justru mendapatkan berkahnya.
Kalau melihat sejarah Nabi Muhammad SAW memang beliau memberikan contoh cara makan yang benar yaitu menggunakan tiga jari tangan dan tidak menggunakan sendok, karena bisa jadi memang pada waktu itu belum ada sendok seperti sekarang jaman modern, jadi karena keadaanlah yang menyebabkan Nabi menggunakan ciptaan Allah tersebut sebagai alat memuluk makanan.
Selain karena Sunnah Nabi atau karena dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW apakah benar bahwa makan dengan tangan tanpa sendok atau garpu justru membuat pencernaan menjadi sehat?
Jika melihat struktur tangan kita, menurut penelitian bahwa tangan kita sebenarnya menghasilkan enzim yang dapat menjadi media untuk mempermudah menghancurkan makanan di dalam proses metabolisme pencernaan makanan sehingga dengan adanya enzim tersebut mengakibatkan bagi orang-orang yang melakukannya akan terhindar dari penyakit radang usus, ambeyen maupun sembelit, hal ini disebabkan karena makanan dalam alat pencernaan kita dengan mudah dicerna dan dihancurkan sehingga memudahkan proses penyerapan nutrisi sekaligus mempermudah mengeluarkan kotoran tanpa kesulitan dan tanpa membutuhkan obat pencahar.
Hal ini terbukti, meskipun bukan dari penelitian ilmiah akan tetapi berdasarkan pengamatan masyarakat pedalaman termasuk penulis sendiri merasakan bahwa ketika kita mau menggunakan tangan kita untuk memuluk makanan ternyata terhindar dari penyakit yang tersebut di atas. Begitu sebaliknya era modern saat ini justru banyak sekali masyarakat kita yang terkena penyakit pada pencernaan dan yang lebih umum kita dengan adalah penyakit susah buang air besar (sembelit) bahkan ada yang lebih parah menjadi penyakit turun berok (ambeyen) karena tidak lancarnya usus dalam mengeluarkan sisa-sisa hasil pencernaan.
Akan tetapi, memang sebagian masyarakat khususnya masyarakat modern justru menganggap pola hidup sederhana yang dicontohkan Nabi tersebut dianggap ketinggalan jaman dengan alasan mereka sudah bisa memanfaatkan sendok dan garpu sebagai alat makan.
Hal inilah sebenarnya yang semestinya dipahami bahwa tidak selamanya sesuatu yang sederhana atau kuno dianggap lebih buruk dari pada pola masyarakat yang dianggap maju. Padahal sebenarnya masyarakat kunolah yang lebih bisa menjaga kesehatannya secara alamiah dari pada memanfaatkan sesuatu yang modern tapi justru berbahaya.
Seperti dijelaskan Prof.Dr.’Abdul Busith Muhammad as- sayyid dalam dalam buku “Inilah Makanan Rasulullah SAW.” sebagai berikut:
“Fakta berikutnya,makan dengan menggunakan tangan ternyata bisa lebih sehat daripada makan dengan sendok. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan pada tangan kita terdapat sebuah enzim, yakni enzim RNase yang dapat menurunkan aktivitas bakteri-bakteri patogen yang ada pada tangan kita ketika kita makan. Enzim RNase adalah enzim yang dapat mendepolarisasi RNA (asam nukleat). Sehingga ketika kita menyuap makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat oleh enzim Rnase yang dihasilkan di tangan kita. Tapi tentunya dengan catatan, tangan kita sudah dicuci terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih dan higienis.”
Oleh karena itu tidak salahnya kita mencoba lagi makan dengan tangan tanpa ada rasa malu yang penting sebelum makan culilah dahulu dengan sabun hingga bersih sehingga kemungkinan kuman di tangan kita akan lenyap.
Sumber kutipan :
http://syiar-muslim.mywapblog.com/rahasia-sehat-makan-dengan-jari-jari-tan.xhtml

No comments:

Post a Comment